Panduan Penyimpanan Makanan Si Kecil

Daging harus disimpan di kulkas untuk mencegah bakteri menyebar dan menghindari keracunan makanan. Hindari menaruh kaleng terbuka di lemari es, karena makanan di dalamnya dapat menguarkan rasa logam. Dinginkan sisa makanan secepat mungkin , simpan di kulkas dan habiskan dalam dua hari. Kemasan botol susu plastik relatif lebih steril daripada kemasan karton. Bakteri bisa berkembang di sekat kardus dan bisa masuk ke dalam gelas setiap kali Anda menuangkan susu ke dalam gelas. Meski demikian, selagi Anda mengonsumsi susu sesuai jangka waktu yang ditentukan maka susu kemasan karton masih terbilang aman untuk dikonsumsi.

Cara menyimpan makanan dengan tepat

Ini adalah cara mudah untuk memperpanjang umur makanan Anda, dengan mengatur suhu dengan benar. Agar semuanya segar, suhu kulkas optimum Kong4D adalah sekitar 37 derajat F. Jangan biarkan makanan kaleng yang sudah lama berada di bagian belakang rak atau lemari.

Wadah penyimpanan dapat berupa stainless-steel, wadah plastik, atau wadah tertutup lainnya. Bahan makanan di simpan di dalam gudang penyimpanan sedemikian hingga terjadi sirkulasi udara dengan baik. Dalam hal ini, pihak restoran harus mengatur gudang agar bahan-bahan tersimpan dengan teratur dan tidak penuh agar suhu dan kelembaban gudang dapat terjaga. Agar makanan tetap tahan lama dan terhindar dari bakteri yang akan mengkontaminasi makanan, maka dianjurkan untuk menyimpan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Bahkan bakteri tersebut akan tetap bertahan hidup apabila proses pemanasan tidak dilakukan dengan benar. Kebanyakan lemari es memiliki satu atau dua laci yang dirancang untuk menjaga kelembapan agar buah dan sayuran tetap segar.

Jika akan membeli bahan makanan atau bumbu dalam kemasan, perhatikan kondisi kemasan dengan baik dan tanggal kadaluarsanya. Ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer dan kembali dihangatkan. Untuk itu, usahakan untuk menyimpan puree saja di dalam freezer.

Suhu dalam lemari es memang dingin, tetapi tidak mematikan bakteri, hanya memperlambat pertumbuhan. Fimela.com, Jakarta Masih banyak diantara kita yang masih mengabaikan kebersihan makanan. Tak jarang orang mengesampingkan kesehatan dengan makan sembarangan asalkan merasa kenyang, seperti jajan di pinggir jalan yang belum tentu higienis. Sudah seharusnya dapat memperhatikan cara menyimpan dan mengolah makanan dengan baik supaya tetap higienis untuk menghindari penyakit. Jika Anda menyukai apel dingin, tempatkan mereka dalam tas plastik sebelum menempatkannya di sebelah produk lain.

Ini akan membantu makanan Kredit Pintar agar tetap segar untuk dikonsumsi lagi di lain waktu. Menyimpan bahan makanan membutuhkan cara khusus agar setiap bahan makanan yang disimpan tetap awet dan kualitasnya tidak rusak. Selain mempertahankan kesegaran dan rasa, cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar juga akan menjaga zat gizi yang terkandung di dalamnya. Makanan yang disimpan dalam kulkas sebaiknya dikonsumsi dalam jangka waktu dua sampai lima hari. Namun, makanan yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga kurang lebih enam bulan.

Sebagai gantinya, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik. Pastikan juga untuk menyimpannya jauh dari kentang, karena bawang akan menyebabkan kentang membusuk. Kertas akan mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran sementara plastik berlubang akan memberi akses aliran udara. Sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan sayuran dalam wadah yang tertutup rapat.

Maka sebelum dimasukkan dalam kulkas, langsung bagi menjadi tiga. Jangan membekukannya dalam keadaan 1 kg utuh begitu saja agar nantinya kamu bisa mengeluarkan daging dari freezer sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika daging sudah dikeluarkan dari dalam freezer dan dibiarkan dalam suhu ruangan, kemudian dimasukkan lagi, maka daging justru lebih mudah terkontaminasi bakteri.